Jumat, 04 Maret 2016

Cara ampuh agar tidak ingin terserang wasir

Ilustrasi pantat gatal
Wasir adalah salah satu masalah yang harus dihadapi oleh anus. Pendarahan yang muncul dari anus saat mencoba bergerak dan disertai rasa nyeri adalah salah satu gejala umum wasir.

Apa yang dimaksud dengan wasir?

Wasir atau ambeyen dalam istilah medis dikenal dengan istilah hemoroid. Hemoroid adalah pembuluh darah yang melapisi otot halus di sepanjang dinding anus dan rektum.
Dalam kondisi ini, pembuluh darah akan sering mengalami peradangan sehingga darah pada pembuluh ini mulai mengental. Kemudian darah tersebut akan memberikan tekanan pada dinding pembuluh sehingga menyebabkan pendarahan dan nyeri.

Apakah penyebab utama wasir?

Wasir seringkali terjadi pada orang-orang yang telah mencapai usia 45-65 tahun. Jika kamu penasaran dengan penyebab utama wasir, maka jawabannya adalah sembelit.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Premanente Journal mengungkapkan bahwa menghindari sembelit dan tinja keras adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya wasir.

Bagaimana mencegah wasir?

Makanan yang kaya serat adalah kunci utama untuk mencegah sembelit. Dalam studi yang sama dikatakan bahwa seseorang yang menderita wasir, setidaknya harus mengonsumsi serat sejumlah 30-35 gram sehari.
Kamu bisa memperolehnya dari kacangan-kacangan, buah-buahan, sayuran dan juga biji-bijian. Kamu juga bisa mendapatkannya dari buah ara kering, plum, rasberry, pir, buncis, dan beras merah.
Semua makanan tersebut berfungsi untuk melunakkan tinja dengan menyerap air. Selain itu, mengonsumsi 6-7 gelas air sehari dan peningkatan aktivitas harian juga penting untuk mencegah wasir.

Admin

Irfansyah Saheru

Author & Editor

Hallo.. Semoga artikel yang kami sediakan memberikan manfaat bagi anda, terimakasih atas kunjungan nya, silahkan kritik dan saran nya, serta share artikel kami.

 
Beritalagi.com © 2015 - Designed by Templateism.com